AI AUTONOMOUS - Aplikasi AI di E-Commerce

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) | Aplikasi AI di E-Commerce | Robot | AI Autonomous Robot | SARI Teknologi

Pengertian Artificial Intelligence

Pertama kita akan membahas pengertian dari Artificial Intelligence ini, nah apa sih Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan (AI) ?




Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah bukti dari pesatnya perkembangan teknologi. AI merupakan salah satu produk inovasi yang mengharuskan pembuatnya untuk menguasai Computer Science  atau ilmu komputer. Tujuan utama di buatnya AI ini yaitu untuk memudahkan manusia dalam melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan. Contoh mudah dari AI adalah Ketika kalian menggunakan pencarian menggunakan suara pada google. Ketika kalian berbicara, bagaimana caranya dia bisa mengetahui apa yang kamu tanyakan? Yap itu lah AI, yang mengubah suara kalian menjadi teks dan bolak-balik dari teks ke audio  dan akhirnya bisa mengerti.

Kecerdasan buatan di  kenalkan pada tahun 1956 dalam acara Dartmouth Conference oleh John McCarthy, ia merupakan seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology. Pada konferensi tersebut di jelaskan tujuan utama kecerdasan buatan, yaitu: mengetahui dan memodelkan proses-proses berfikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia tersebut.


Aplikasi AI di E-Commerce

Belanja yang Dipersonalisasi

Teknologi Kecerdasan Buatan digunakan untuk membuat mesin rekomendasi di mana Anda dapat terlibat lebih baik dengan pelanggan Anda. Rekomendasi ini dibuat sesuai dengan riwayat penelusuran, preferensi, dan minat mereka. Ini membantu dalam meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan Anda dan loyalitas mereka terhadap merek Anda.

Asisten bertenaga AI

Asisten belanja virtual dan chatbot membantu meningkatkan pengalaman pengguna saat berbelanja online. Natural Language Processing digunakan untuk membuat percakapan terdengar semanusiawi dan sepribadi mungkin. Selain itu, asisten ini dapat berinteraksi secara real-time dengan pelanggan Anda. Tahukah Anda bahwa di amazon.com, dalam waktu dekat, layanan pelanggan dapat ditangani oleh chatbots?

Pencegahan Penipuan

Penipuan kartu kredit dan ulasan palsu adalah dua masalah paling signifikan yang dihadapi perusahaan E-Commerce. Dengan mempertimbangkan pola penggunaan, AI dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya penipuan kartu kredit. Banyak pelanggan lebih suka membeli produk atau layanan berdasarkan ulasan pelanggan. AI dapat membantu mengidentifikasi dan menangani ulasan palsu.

Komentar

Postingan Populer